INTERNET PROTOCOL (IP)
PROTOKOL
INTERNET
1. Pengertian tentang Internet Protocol (IP), Jaringan, dan
Internet secara Global
§ Internet Protocol (IP)
Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat
IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai
sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet.
Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit
(untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut
pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Sistem
pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yakni:
a.
IP versi 4 (IPv4)
b.
IP versi 6 (IPv6)
Pengiriman data dalam jaringan TCP/IP berdasarkan IP address
komputer pengirim dan komputer penerima. IP address memiliki dua bagian, yaitu
alamat jaringan (network address) dan alamat komputer lokal (host address)
dalam sebuah jaringan. Alamat jaringan digunakan oleh router untuk mencari
jaringan tempat sebuah komputer lokal berada, semantara alamat komputer lokal
digunakan untuk mengenali sebuah komputer pada jaringan lokal.
Informasi ini bisa diketahui dengan mengkombinasikan IP
address dengan 32 bit angka subnet mask. IP address memiliki beberapa kelas
berdasarkan kapasitasnya, yaitu Class A dengan kapasitas lebih dari 16 juta
komputer, Class B dengan kapasitas lebih dari 65 ribu komputer, dan Class C
dengan kapasitas 254 komputer.
- Kelas-kelas IP Address
a) Kelas A
Alamat-alamat
unicast kelas A diberikan untuk jaringan skala besar. Nomor urut bit tertinggi
di dalam alamat IP kelas A selalu diset dengan nilai 0 (nol). Tujuh bit
berikutnya untuk melengkapi oktet pertam akan membuat sebuah network identifier.
24 bit sisanya (atau tiga oktet terakhir) merepresentasikan host identifier.
Ini mengizinkan kelas A memiliki hingga 126 jaringan, dan 16,777,214 host tiap
jaringannya. Alamat dengan oktet awal 127 tidak diizinkan, karena digunakan
untuk mekanisme Interprocess Communication (IPC) di dalam mesin yang
bersangkutan.
b) Kelas B
Alamat-alamat
unicast kelas B dikhususkan untuk jaringan skala menengah hingga skala besar.
Dua bit pertama di dalam oktet pertama alamat IP kelas B selalu diset ke
bilangan biner 10. 14 bit berikutnya (untuk melengkapi dua oktet pertama), akan
membuat sebuah network identifier. 16 bit sisanya (dua oktet terakhir)
merepresentasikan host identifier. Kelas B dapat memiliki 16,384 network, dan
65,534 host untuk setiap network-nya.
c) Kelas C
Alamat
IP unicast kelas C digunakan untuk jaringan berskala kecil. Tiga bit pertama di
dalam oktet pertama alamat kelas C selalu diset ke nilai biner 110. 21 bit
selanjutnya (untuk melengkapi tiga oktet pertama) akan membentuk sebuah network
identifier. 8 bit sisanya (sebagai oktet terakhir) akan merepresentasikan host
identifier. Ini memungkinkan pembuatan total 2,097,152 buah network, dan 254
host untuk setiap network-nya.
d) Kelas
D
Alamat
IP kelas D disediakan hanya untuk alamat-alamat IP multicast, sehingga berbeda
dengan tiga kelas di atas. Empat bit pertama di dalam IP kelas D selalu diset
ke bilangan biner 1110. 28 bit sisanya digunakan sebagai alamat yang dapat
digunakan untuk mengenali host. Untuk lebih jelas mengenal alamat ini, lihat
pada bagian Alamat Multicast IPv4.
e) Kelas E
Alamat
IP kelas E disediakan sebagai alamat yang bersifat "eksperimental"
atau percobaan dan dicadangkan untuk digunakan pada masa depan. Empat bit
pertama selalu diset kepada bilangan biner 1111. 28 bit sisanya digunakan
sebagai alamat yang dapat digunakan untuk mengenali host.
§ Jaringan
Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang
saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi
melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi,
program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk,
dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan
sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari
lebih satu komputer yang saling berhubungan.
- Tujuan Membangun Jaringan Komputer
Tujuan dibangunya suatu jaringan komputer adalah membawa
informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim
(transmitter) menuju kesisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.
Ada
beberapa hal yang masih dirasa menjadi kendala, yaitu :
a. Masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan
bagaimana memanfaatkan jaringan komunikasi yang ada secara efektif dan efisien.
b. Jalur transmisi yang digunakan tidak benar – benar bebas
dari masalah gangguan (noise).
- Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat
yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :
1.
Sharing resources
Sharing
resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya
dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa
terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
2.
Media Komunikasi
Jaringan
komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk
teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
3.
Integrasi Data
Jaringan
komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap
proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat
didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data
yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah
informasi setiap saat.
4.
Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan
peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap
pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah
komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan
secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat
harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap
serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada
pada komputer pusat.
5.
Keamanan Data
Sistem
Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian
dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan
terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
6.
Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
Dengan
pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang
maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses
selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung
diketahui oleh setiap pemakai.
- Jenis Jaringan Komputer
Berdasarkan
jarak dan area kerjanya jaringan komputer dibedakan menjadi tiga kelompok,
yaitu:
1.
Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi
di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan
workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai
bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Dengan memperhatikan kecepatan transmisi data, maka LAN
dapat digolongkan dalam tiga kelompok, yaitu:
a.
Low Speed PC Network
Kecepatan
transmisi data pada Low Speed PC Network kurang dari 1 Mbps dan biasanya
diterapkan untuk personal computer. Contoh dari jenis ini adalah Omninet oleh
Corvus Systems (network bus), Constalation oleh Corvus Systems (star network),
Apple talk oleh Apple Corporation.
b.
Medium Speed Network
Kecepatan
transmisi data pada Medium Speed Network berkisar antara 1 – 20 Mbps dan
biasnya diterapkan untuk mini computer. Contoh dari jenis ini adalah Ethernet
oleh Xerox, ARC Net oleh Datapoint Corporation, Wangnet oleh Wang Laboratories.
c.
High Speed Network
Kecepatan
transmisi data pada Hig Speed Network lebih dari 20 Mbps dan biasanya
diterapkan untuk mainframe computer. Contoh dari jenis ini adalah Loosely
Coupled Network oleh Control Data Corporation, Hyper Channel oleh Network
System Corporation.
2.
Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan
versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang
sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya
berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi
(swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat
berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3.
Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah
geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN
terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan
program-program (aplikasi) pemakai.
§ Internet Secara Global
Internet adalah singkatan dari Interconnected Networking
yang apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti rangkaian komputer yang
terhubung di dalam beberapa rangkaian jaringan. Internet merupakan salah satu
hasil dari kecanggihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi buatan
manusia. Rahmadi (2003) dalam modul pembelajaran internet mengatakan bahwa
internet merupakan sebuah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat
menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi,
hingga perorangan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa intenet mampu untuk menyediakan
askes untuk layanan telekomunikasi dan berbagai sumber daya informasi untuk
jutaan pemakaiannya yang tersebar di seluruh dunia. Internet memliki berbagai
macam layanan-layanan internet meliputi komunikasi secara langsung seperti
email dan juga chatting, diskusi seperti Usenet News, email dan juga milis
serta sumber daya informasi yang terdistrubusi (World Wide Web, Gopher), remote
login, dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan lain-lainnya.
Menurut strauss, El-Ansary, Frost (2003, p8) Internet adalah
seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer-
komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat
diakses oleh seluruh jaringan komputer.
Pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah
kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu
sistem. Sedangkan pengertian Internet secara khusus adalah suatu jaringan
komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang
ada di dunia ini. Sedangkan Jaringan adalah cara untuk menghubungkan beberapa
komputer sehingga setiap komputer yang ada di dalamnya bisa saling berhubungan
dan berbagi sumber daya.
Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan
protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi
berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session
Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat
elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis
yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet
memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan
webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet
dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih
melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian,
Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.
“Internet
tidak membatasi diri untuk setiap definisi tertentu. Namun secara umum internet
dapat didefinisikan sebagai kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi yang
bertujuan untuk mengirimkan informasi”. (Engineers Garage)
2. TCP/IP
TCP/IP bukanlah sebuah protokol tunggal tetapi satu kesatuan
protokol dan utility. Setiap protokol dalam kesatuan ini memiliki aturan yang
spesifik. Protokol ini dikembangkan oleh ARPA (Advanced Research Projects
Agency) untuk departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969.
ARPA
mengingikan sebuah protokol yang memiliki karakter sebagai berikut :
a.
Mampu menghubungkan berbagai jenis sistem operasi.
b.
Dapat diandalkan dan mampu mendukung komunikasi kecepatan tinggi.
c.
Routable dan scalable untuk memenuhi jaringan yang kompleks dan luas.
Sebuah alamat TCP/IP adalah nilai biner berukuran 32 bit
yang diberikan kesetiap host dalam sebuah jaringan. Nilai ini digunakan untuk
mengenali jaringan di mana host tersebut dan mengenali nomor unik host
bersangkutan dijaringan tertentu. Setiap host yang terhubung jadi satu pada
sebuah internet work harus memiliki satu alamat unik TCP/IP.
Setiap
alamat terbagi atas dua komponen :
a.
Network ID
Ini
adalah bagian dari alamat IP yang mewakili jaringan fisik dari host (nama jalan
dari rumah). Setiap komputer dalam segmen jaringan tertentu akan memiliki ID
jaringan yang sama.
b.
Node ID
Ini
adalah bagian yang mewakili bagian individu dari alamat (nomor rumah). Bila
komputer disegment jaringan memiliki alamat, maka jaringan tersebut perlu tahu
milik siapakah suatu paket itu.
Seperti yang disebutkan diatas tadi bahwa nilai IP adalah
nilai biner 32 bit. Nilai tersebut terbagi menjadi empat bagian nomor 8 bit
yang disebut oktet. Contoh alamat IP :202.149.240.66 dengan menggunakan contoh
diatas, katakanlah administrator mensetup jaringan dengan semua komputer
memiliki bagian nilai yang sama 202.149.240.XXX. kondisi inilah yang disebut
network ID. Nomor pada XXX adalah node ID-nya.
Setiap alamat TCP/IP jatuh pada satu kelas alamat. Kelas
mewakili sebuah grup alamat yang segera dapat dikenali komponen software
sebagai bagian dari sebuah jaringan fisik. Misalkan, ambil contoh alamat TCP/IP
berikut dan nilai binernya. 10.149.240.66
00001010.10010101.11110000.10000010
dengan memperhatikan tiga nilai biner yang pertama, bisa dikatakan bahwa alamat
ini termasuk class A.
Tabel 1. Urutan dari Alamat IP dan Host.
Setiap komputer di sebuh jaringan biasanya ingin mengirim data langsung ke komputer lainnya. Komputer pengiriman harus memastikan bahwa si penerima berada di jaringan yang sama atau di luar itu. Subnet mask digunakan oleh protokol stack TCP/IP untuk menentukan bahwa host yang akan dicoba dikomunikasikan berada di jaringan lokal yang sama atau berada di jaringan remote. Ini adalah bagian yang sangat penting dalam konfigurasi TCP/IP.
F
Tabel 2. Klasifikasi Subnet Mask.
3. WAP
Wireless Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah
protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan untuk sebuah
telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP,
melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus.
Situs internet ini harus merupakan situs dengan fasilitas WAP. WAP
dipublikasikan oleh WAP Forum, ditemukan pertama kali oleh Ericsson pada tahun
1997. Motorola, Nokia, dan Unwired Planet juga melakukan hal yang sama. Anggota
Forum itu kini beranggotakan lebih dari 90% pasar telepon genggam, software
developer dan organisasi yang lain.
Ada
beberapa versi WAP antara lain WAP 1.2.1 dan 2.0. WAP 1.2.1 hanya dapat
menampilkan laman sederhana saja dibandingkan dengan WAP 2.0 yang mendukung
bahasa xml dan gambar. WAP di buat pertama kali sebagai protokol komunikasi
bergerak yang tidak bergantung pada sistem tertentu. WAP dirancang sebagai
bagian dari sistem pada masa depan sama halnya dengan Bluetooth dan GPRS. WAP
merupakan protokol komunikasi bergerak yang terdiri dari beberapa layer dan
dapat dijalankan pada sistem jaringan yang berbeda. Teknologi ini merupakan
hasil kerja sama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka dan
berbasis pada standar Internet, serta beberapa protokol yang sudah dioptimasi
untuk lingkungan nirkabel. Teknologi ini bekerja dalam modus teks dengan
kecepatan sekitar 1,6 kbps.
Keterbatasan
Perangkat WAP
· Kemampuan Central Processing Unit (CPU) yang lebih rendah
dibandingkan CPU yang digunakan pada perangkat wired seperti
komputer.
· Keterbatasan ukuran memori
· Penghematan penggunaan daya (power) yang biasanya
menggunakan batere
· Ukuran display yang lebih kecil dan terbatas
· Input device yang berbeda dengan device biasa
Disain
dari informasi yang dikirimkan melalui WAP biasanya menggunakan format WML
(Wireless Markup Language). WML ini mirip HTML, hanya lebih spesifik untuk
perangkat nirkabel yang memiliki keterbatasan seperti di atas.
Contoh
Penggunaan WAP
· Informasi jadwal keberangkatan penerbangan
· Transaksi pembelian tiket
· Pendaftaran keberangkatan pesawat
· Informasi lalu lintas
· Daftar informasi kondisi cuaca
· Informasi nilai stok
· Mencari informasi nomor telepon atau alamat
· Informasi artis atau selebriti
· Mencari informasi sari dunia maya
· Penge-hackan
4. WWW
Perlu anda ketahui www adalah kepanjangan dari World Wide
Web, dan Pengertian www adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengirimkan
dan menyebarkan data ke jaringan internet berskala besar yang ada di seluruh
penjuru dunia. www sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan,
walaupun sebenarnya hanya istilah bagian dari internet.
- Sejarah WWW
Bukan
hanya pengertian www saja yang akan dibahas, tetapi juga Sejarah www yaitu
pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa, Jenewa
Swiss sekitar tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan
hypertext secara global. Ketika pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun
1995. www benar-benar menjadi perhatian masyarakat dunia internet.
Program
ini digunakan untuk menggantikan FTP yang sudah sejak lama digunakan sebagai
pengatur lalu lintas jaringan internet. Program www yang dibangun dari ‘equire’
temuan lee ini benar-benar menghadirkan sesuatu yang baru yang pada waktu itu
belum pernah terbayangkan dan terfikirkan kebanyakan orang.
Bagaimana
WWW bekerja?
a) Informasi web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan
halaman-halaman web
b) Web page adalah file-file yang disimpan dalam komputer yang
disebut dengan server-server web
c) Komputer-komputer membaca web page disebut sebagai web
client
d) Web
client menampilkan page dengan menggunakan aplikasi yang disebut dengan browser
web
(web browser)
e) Browser web yang populer adalah Internet Explorer dan
Netscape Navigator.
Browser Web adalah software yang digunakan untuk menampilkan
informasi dari server web. Browser tersebut ada yang menampilkan secara text
yaitu Lynx, ada pada lingkungan DOS dan *nix (keluarga sistem operasi Unix).
Dan browser yang menggunakan mode grafik yaitu Internet Explorer dan Netscape
Navigator.
Bagaimana Browser mengambil page ? Suatu browser mengambil
sebuah web page dari server dengan sebuah request. Sebuah request adalah HTTP
standar yang berisi sebuah page adddress, contoh Bagaimana
Browser Menampilkan page ? Seluruh web page berisi instruksi-instruksi
bagaimana untuk ditampilkan. Browser menampilkan page dengan membaca
instruksi-instruksi ini, instruksi yang paling umum untuk menampilkan disebut
dengan tag HTML.
Server web adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan
dokumen-dokumen web, serta melayani permintaan dokumen web dari kliennya.
Browser web berkomunikasi melalui jaringan dengan server web menggunakan HTTP.
Browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu
atau layanan lain yang disediakn oleh server. Server memberikan dokumen atau
layanannya jika tersedia dengan menggunakan protokol HTTP.
Sumber
Referensi:
Komentar
Posting Komentar