1. Pengertian Multimedia
Menurut
KBBI multimedia merupakan berbagai jenis sarana: usaha pembangunan untuk dunia
komunikasi, pendidikan, dan sebagainya serta penyediaan informasi pada komputer
yang menggunakan suara, grafika, animasi, dan teks.
Pengertian Multimedia menurut Para Ahli
Mc.Comick, 1996
Menurut Mc. Comick, Multimedia merupakan gabungan dari tiga
buah elemen penting yang ada di dalamnya yaitu suara, tulisan, dan gambar.
Robin dan Linda, 2001
Menurut Robin dan Linda, Multimedia adalah sebuah alat yang
dapat digunakan sebagai media presentasi yang lebih interaktif dan dinamis
dimana dalam media ini penggunanya dapat mengkombinasikan berbagai macam data
seperti teks, grafik, video, animasi, dan juga audio.
Hofstekter, 2001
Menurut Hostekter, Multimedia dalam konteks komputer
merupakan pemanfaatan komputer sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan
data gambar, teks, grafik, dan audio dengan menggunakan perangkat lunak yang
memungkinkan penggunanya untuk bisa berkreasi, berinteraksi dan berkomunikasi.
Turban, dkk, 2002
Menurut Turban, dkk, pengertian Multimedia adalah kombinasi
dari dua buah media berupa input dan output. Media yang dikombinasikan dapat
berupa audio, video, teks, gambar, grafik, dan animasi.
Dari definisi multimedia diatas dapat disimpulkan bahwa
komponen multimedia yang paling dasar yaitu yang pertama adalah adanya komputer
untuk melakukan koordinasi dengan pengguna multimedia. Komponen kedua adalah
adanya perangkat navigasi yang memungkinkan pengguna melintasi informasi
melalui web atau sejenisnya. Dan yang terakhir adalah adanya suatu cara atau
metode untuk komunikasi antar pengguna multimedia agar ide-ide dari pengguna
dapat tersampaikan.
2. konsep dasar multimedia
Dalam
pengertian multimedia terdiri dari gabungan dari berbagai media yaitu teks,
gambar, dan suara. Media-media yang digabungkan ini menjadi sebuah konsep dasar
dalam membangun sebuah multimedia. Berikut ini adalah penjelasan mengenai
elemen dari konsep dasar dalam membangun sebuah multimedia.
A. Teks
Terdapat
beberapa jenis teks yang digunakan dalam multimedia yaitu, printed text,
scanned, electronic dan hypertext. Pada printed text tulisan yang akaan
dihasilkan sama seperti tulisan yang dilakukan pada kertas sehingga belum dapat
diolah untuk digabungkan dengan media lainnya. Scanned text merupakan perubahan
printed text menjadi electronic text sehingga dapat diproses dan dibaca oleh
mesin. Electronic text yang dapat dibaca oleh mesin dapat dilakukan
pengembangan sehingga menjadi sebuah hypertext yang dapat ditautkan dengan
media lainnya.
B. Grafik atau gambar
Terdapat
5 jenis grafik yang digunakan dalm multimedia yaitu, bitmap, vector images,
clip art, digitized picture, dan hyper picture. Bitmap adalah gambar yang
disimpan sebagai kumpulan dari pixel yang berkorespondensi dengan grid yang
terdiri dari titik-titik pada layar komputer. Vector image adalah gambar yang
disimpan sebagai kumpulan dari algoritma yang menjelaskan kurva, garis, dan
bentuk dalam gambar tersebut. clip art merupakan grafik yang sudah disediakan
pada perangkat komputer sehingga dapat menghemat waktu pengerjaan multimedia.
Digitized picture merupakan gambar yang diambil dari perangkat kamera dan dapat
diubah kedalam bitmap maupun vector untuk diolah dalam aplikasi multimedia.
Hyper picture serupa dengan hyper text yang dapat ditautkan untuk menampilkan
event multimedia.
C. Audio atau Suara
Terdapat
4 jenis objek suara yang dapat digunakan dalam multimedia, yaitu waveform
audio, MIDI soundtrack, compact disk (CD), dan MP3 files. Pada waveform audio
suara ditangakap dengan menyampling ribuan sampling per detik dengan ekstensi
.wav. MIDI adalah kependekan dari Musical Instrument Digital Interface,
kelebihan dari MIDI adalah kapasitas file nya yang berukuran kecil karena hanya
merekam informasi performansi yang dibutuhkan oleh chip suara komputer untuk
memainkan musik. Compact disk digunakan untuk menampung rekaman audio dengan
sampling rate 44100 sample per detik sehingga proses pembuatan aplikasi
multimedia lebih cepat. MP3 kependekan dari MPEG Audio Layer 3 yaitu format
file untuk musik yang menggunakan metode codec audio MPEG untuk kompresi dan
dekompresi rekaman musik. Dengan format ini makan file yang berada dalam CD
dapat ditransmisikan lebih cepat melalui web atau semacamnya.
3. Pemanfaatan Multimedia
Pada
era modern saat ini aplikasi multimedia banyak dimanfaatkan dalam berbagai
bidang. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya aplikasi multimedia suatu
pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat sehingga efisiensi waktu dan
tenaga akan tercapai. Pada bidang pelatihan komputer, aplikasi multimedia dapat
digunakan untuk mengembangkan berbagai aplikasi-aplikasi lainnya yang bertujuan
untuk dipasarkan dan membantu pekerjaan pada berbagai bidang seperti bisnis,
sistem keamanan, pendidikan, hiburan, dan bidang umum lainnya.
Aplikasi
multimedia untuk keperluan bisnis dapat terlihat dimana informasi terkait
bisnis dapat disajikan dengan lebih menarik dan interaktif, misalnya dalam
melakukan presentasi. Selain itu dalam bisnis aplikasi multimedia berperan
penting untuk mempermudah para pelaku bisnis dalam melihat peluang bisnis
seperti yang diterapkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Proses transaksi dapat
menggunakan aplikasi multimedia sebagai pendukung sehingga lebih mudah
dilakukan seperti ATM, Mobile Banking, dan lain-lain.
Aplikasi
multimedia juga dapat membantu sistem keamanan dan proses pendidikam. Sengan
menggunakan aplikasi multimedia maka sistem keamanan dapat lebih ditingkatan
dari segi pengawasannya. Tindakan pengamanan dan pencegahan terhadap hal yang
mengancam keamanan dapat dilakukan dengan lebih efisien. Dalam pendidikan
aplikasi multimedia dapat digunakan untuk menyampaikan teori dan praktek agar
lebih mudah dan jelas sehingga topik pendidikan menjadi lebih menarik dan
interaktif.
Penggunaan
aplikasi untuk bidang hiburan dapat dilihat contohnya pada games. Saat ini
perkembangan aplikasi games sangatlah pesat dengan memanfaatkan multimedia
untuk menciptakan dimensi baru dan terus berkembang untuk memenuhi kepuasan
pemain games seperti augmented reality dan virtual reality.
4.Multimedia dalam pendidikan
Penggunaan
multimedia dan alat peraga dalam pembelajaran adalah suatu upaya untuk
menciptakan suasana belajar kreatif dan inovatif tanpa mengurangi tujuan
belajar yang sesungguhnya yaitu adanya perubahan tingkah laku siswa yang dapat
diukur dan diamati. Menciptakan suasana belajar yang menarik bagi siswa
tentulah hal yang ingin dicapai oleh guru dimanapun dan kapanpun juga. Dengan
menarik perhatian siswa pada KBM yang guru ciptakan tentulah motivasi belajar
siswa akan meningkat demikian pula pemahaman akan konsep materi pelajaran yang
tentu saja berdampak pada hasil belajar siswa yang meningkat pula.
penggunaan
komputer atau yang disebut sebagai teknologi informasi dalam menyampaikan bahan
pengajaran memungkinkan untuk melibatkan pelajar secara aktif serta dapat
memperoleh umpan balik secara cepat dan akurat. Komputer menjadi popular sebagai
media pengajaran karena komputer memilki keistimewaan yang tidak dimilki oleh
media pengajaran lain sebelum adanya komputer (Munir,2005). Diantara
keistimewaan komputer sebagai media, yaitu :
a. Hubungan interaktif : komputer menyebabkan terwujudnya hubungan
antara stimulus dan resfons, menumbuhkan inspirasi dan meningkatkan minat.
b. Pengulangan : komputer memberikan fasilitas bagi pengguna
untuk mengulang materi atau bahan pelajaran yang diperlukan, memperkuat proses
pembelajaran dan memperbaiki ingatan, memiliki kebebasan dalam memilih materi
atau bahan pelajaran.
c. Umpan balik dan peneguhan : media komputer membantu
pelajar memperoleh umpan balik (feedback) terhadap pelajaran secara leluasa dan
dapat memacu motivasi pelajar dengan peneguhan positif yang diberi apabila
pelajar memberikan jawaban.
d. Simulasi dan uji coba : media komputer dapat
mensimulasikan atau menguji coba penyajian bahan pelajaran yang rumit dan
teliti.
5. Multimedia untuk aplikasi umum
Dengan
perkembangan teknologi yang semakin maju Multimedia semakin memiliki banyak
manfaat dan dapat diaplikasikan diberbagai bidang. Untuk membuat suatu aplikasi
Multimedia maka diperlukan bahasa pemrogaman, bahasa pemograman yang digunakan
dalam aplikasi multimedia ini meliputi Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi,
SQL, Visual Basic, dan Java. Selanjutnya bahasa pemograman ini dibangun disuatu
sistem operasi seperti DOS (Disc Operating System),
Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau
Mac OS dan terbentuklah suatu aplikasi multimedia sesuai manfaat dan
kegunaannya dalam berbagai bidang.
Definisi
mengenai “aplikasi Multimedia” itu sendiri adalah “sebuah aplikasi yang dapat
masing-masing berdiri sendiri sehingga aplikasi tersebut dihentikan pada suatu
saat secara acak dan tetap memberikan informasi yang dibutuhkan yang merupakan
bagian atau unit terkecil dari keseluruhan aplikasi. Aplikasi interaktif
memberikan banyak pilihan kepada audience untuk memilih sendiri informasi yang
diinginkan, dan dari mana akan dimulai serta diakhiri, ataukah hanya sebagian
saja dari keseluruhan informasi yang dibutuhkan”
Aplikasi
Multimedia dalam berbagai bidang diantaranya :
A. Aplikasi Multimedia untuk keunggulan bersaing di
perusahaan
Aplikasi multimedia perusahaan di berbagai bidang antara lain sumber daya manusia,
produksi/operasi, akuntansi dan keuangan, sistem informasi dan pemasaran.
B. Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
Multimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik
yang dikenal dengan istilah Computer Based Training (CBT).
Misalnya peusahaan IntallShield
membuat perangkat lunak multimedia yang
khususkan untuk training. Aplikasi yang lain
misalnya rekrutmen karyawan, seperti yang dilakukan
oleh L’OREAL.
C. Aplikasi dalam Bidang Produksi
Penggunaan aplikasi ini digunakan untuk merancang dan
merakayasa suatu produk misalnya alat-alat elektronik dan mesin bahkan dapat
pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses produksi dan berkembang
menuju ke sistem manufaktur terintegrasi berbasisi multimedia.
D. Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan
Bidang pelayanan keuangan meliputi pelayanan keuangan
personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman dan perbankan. Contohnya
adalah situs SmartMoney.com.
E. Aplikasi dalam Bidang Sistem Informasi
Aplikasi dalam bidang ini misalnya aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA), aplikasi Sistem
Informasi Manajemen (SIM), aplikasi Decision Support System (DSS) dan aplikasi Executive
Information System (EIS).
F. Aplikasi Otomatisasi Kantor
Dua aplikasi yang digunakan untuk area otomatisasi kantor yaitu workgroup computing yang
memungkinkan beberapa orang untuk
memakai komputer yang sama pada saat bersamaan pula.
Peserta diskusi melihat tampilan bersama yang
meliputi rangkaian
media lengkap, termasuk fotigrafi
dan video bergerak.
Aplikasi yang kedua adalah Desktop Video
Conferencing yang memungkinkan
peserta melakukan konferensi video sambil duduk di meja masing-masing dengan menggunakan
layar CP atau televisi yang tehubung.
G. Aplikasi dalam Bidang Pemasaran
Penerapan multimedia dalam bidang ini tertuju kepada aktivitas pemasaran, khususnya aktivitas
promosi yang meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, public realtion dan
penjualan langsung termasuk penjualan melalui jaringan internet. Contoh dari
aplikasi ini adalah:
• Periklanan televisi
• Interactive Multimedia Merchandising (cara perusahaan untuk menjangkau dan melayani
pelanggan)
• Merchandising Kiosk
• Video Kiosk
• Virtual Shopping
• Comparison Shopping
• Mass Market Application
H. Aplikasi Multimedia di Bidang Travel
Apliaksi berbasis Web digunakan sebagai penerapan layanan
perjalanan yang di dalamnya termasuk informasi biaya perjalanan, travel news,
fitur paket liburan, dan pemesanan online untuk lodging dan
transportasi melalui darat, laut dan udara.
I. Aplikasi Multimedia dalam Bidang Real Estate
Multimedia komputer memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan
properti lewat dunia maya, melihat foto rumah on-screen, memeriksa perencanaan
lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari demografi sekeliling rumah.
J. Aplikasi Multimedia dalam Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan,
multimedia dapat mendukung pelayanan dan fasilitas sistem kesehatan,
ilmu kesehatan, kantor pendidikan medis, perpustakaan ilmu kesehatan dan fotografi medis serta
pelayanan produksi median.
K. Aplikasi Multimedia dalam Bidang Hiburan
Dalam bidang hiburan multimedia digunakan dalam film, musik,
radio interaktif, televisi interaktif, game elektronik.
L. Aplikasi Multimedia dalam Bidang Publishing
Banyak informasi yang dapat dipublikasikan secara elektronik melalui dokumentasi elektronik
misalnya penyajian buku yang setiap materinya dapat terdiri dari grafik,
animasi, audio dan video.
M. Aplikasi Multimedia dalam Bidang Pendidikan
Aplikasi multimedia pendidikan antara lain sebagai perangkat
lunak pengajaran, memberikan fasilitas untuk mahasiswa atau siswa untuk belajar
mengambil keuntungan dari multimedia, belajar jarak jauh dan pemasaran
pendidikan.
N. Aplikasi Multimedia dalam Pemerintahan
Aplikasi multimedia yang paling menonjol dalam bidang
kepemerintahan adalah E-Government, Profil Departemen dan Kios Informasi
tentang Kota.
O. Presentasi bisnis
Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif
untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien.
P. Pelatihan berbasis komputer (CBD/Computer Based Training)
Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang
pengetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh, CBT digunakan untuk
menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak
hanya tata cara membesihkan busi yang dapat divisualisasikan, tetapi bunyi
percikan api ketika busi dites juga diperdengarkan.
Q. Kios interaktif
Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada
tempat-tempat umum (misalnya mall atau universitas). Pemakai dapat berinteraksi
dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi.
R. Telekonferensi
Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap
melalui kamera kecil yang dihubungkan kemasing-masing komputer pemakai.
6. Internet Based
Sebelum
membahas tentang internet based kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu
internet. Internet merupakan singkatan dari interconnected computer networks
atau bisa didefinisikan sebagai jaringan komputer yang tiada batas yang menjadi
penghubung pengguna komputer satu dengan pengguna komputer yang lainnya serta
dapat berhubungan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia,
dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta
fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah ini lebih dikenal
dengan online di internet. Secara harfiah internet ialah sistem global dari
seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet
protocol suite (TCP/IP) untuk melayani milyaran pengguna di seluruh dunia.
Pengertian internet menurut para ahli :
Lani Sidharta, menyatakan bahwa internet adalah suatu
interkoneksi sebuah jaringan komputer yang memberikan layanan informasi secara
lengkap, dan terbukti bahwa internet dilihat sebagai media maya yang dapat
menjadi rekan bisnis, politik, sampai hiburan. Semuanya tersaji lengkap didalam
media ini.
Khoe Yao Tung menyatakan bahwa internet adalah jaringan yang
satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung
internet di seluruh dunia.
Internet
memiliki sejarah yang panjang dari awal ditemukannya sampai saat ini. Sejak
ditemukan skitar tahun 1969, internet mengalami banyak pengembangan dan
perbaikan hingga akhirnya bisa seperti saat ini. Internet juga memiliki suatu
sistem yang menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya
yang masing-masing terpisah oleh suatu jarak dan harus berinteraksi baik secara
synchronous maupun asynchronous. Synchronous adalah suatu sistem dimana
interaksi atara komponen-komponen yang saling berhubungan, dapat terjadi secara
bersamaan datau real time. Asynchronous adalah proses interaksi yang tidak
terjadi dalam waktu yang bersamaan.
Jadi
Internet Based adalah suatu sistem atau proses yang menghubungkan penguna
internet dengan berbagai macam sumber pengetahuan yang saling berinteraksi baik
secara synchronous maupun asynchronous berbasis teknologi informasi dengan
antarmuka web. Mungkin agak sedikit rancu tentang kata web, coba saya jelaskan
sedikit tentang web.
Perangkat Keras Pembentuk Aplikasi Multimedia
1. Video Board/ Video Card
Video
Board atau lebih dikenal dengan VGA (Video Graphics Array) adalah sebuah
standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada
tahun 1987. Pengertian lain dari vga card adalah sebuah kartu grafis yang
fungsinya mengolah data grafis untuk ditampilkan pada layar monitor komputer.
VGA merupakan standar dalam grafis yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat
kartu grafis komputer. Seperti tampilan windows yang sampai sekarang masih
menggunakan modus VGA yang karena didukung oleh banyak produsen monitor dan
kartu grafis. VGA card juga biasa dinamakan dengan video card, video adapter,
display card, graphics card, graphics adapter atau display adapter.
Fungsi Vga Card
Vga
card berfungi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Misalnya untuk
desain grafis atau bermain video game diperlukan kartu grafis yang berdaya
tinggi. Selain itu vga card juga mengantarkan sinyal video analog ke monitor.
Kartu vga card juga berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari
komputer menjadi tampilan grafis di layar monitor. Tempat letaknya kartu grafis
pada komputer dinamakan dengan slot expansi. Chipset pada kartu VGA banyak
macamnya karena setiap pabrik pembuat kartu VGA mempunyai chipset andalan
masing-masing. Banyak produsen chipset vga seperti NVidia, ATI, Sis, STB, OTi,
Number Nine (#9), Trident dan lain-lain
Jenis-Jenis VGA card
Vga
card mempunyai beberapa jenis yang bisa dijelaskan sebagai berikut:
A. VGA ISA
VGA ISA adalah jenis kartu vga yang dipasang pada slot
ekspansi ISA (Industry Standart Architecture) bus yang bersistemkan I/O 8-bit
atau 16-bit. Namun kartu jenis ini sudah tidak digunakan lagi, karena kecepatan
transfer datanya yang lambat, tampilan kehalusan gambar dan kombinasi warna
yang ditampilkan juga sangat terbatas. Teknologi slot ekspansi ISA bus sistem
I/O 8-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981, sedangkan yang sistem I/O
16-bit pada tahun 1984.
B. VGA EISA
VGA EISA adalah jenis kartu Vga yang dipasang pada slot
ekspansi EISA (Estended Industry Standart Architecture) bus yang sistem I/O nya
32-bit. Seperti pada generasi sebelumnya yaitu VGA ISA, kartu VGA EISA pada
saat ini sudah tidak dipergunakan lagi, karena kecepatan yang terbatas,
kehalusan gambar dan kombinasi warnaya yang dihasilkan juga terbatas. Teknologi
slot eskpansi EISA bus dengan sistem I/O 32-Bit pertama kali dirilis pada tahun
1988 oleh “Gangs of Nine” (yaitu sebuah konsorsium vendor pembuat kompatibel
dari IBM PC), yang mempunyai tegangan 5volt dan 12 volt dan kecepatan clock-nya
8,33 MHz sedangkankan kecepatan transfernya 32MB/s.
C. VGA PCI
VGA PCI adalah jenis kartu Vga yang dipasang pada slot
ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang sistem I/Onya adalah
32-bit atau 64-bit. Kartu vga jenis ini untuk saat sekarang sudah jarang dipergunakan,
karena adanya keterbatasan pada fitur-fiturnya. Pada tahun 1993 pertama kali
teknologi slot ekspansi PCI ini dipakai dengan sistem I/O nya 32-bit atau
63-bit.
D. VGA AGP
VGA AGP adalah jenis kartu Vga yang dipasang pada slot
ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang sistem I/O nya adalah 128-bit
atau 256-bit. Awalnya kartu Vga ini dibuat untuk meningkatkan transer data
terhadap memori secara signifikan dari CPU ke perangkat “tampilan atau
display”.Kartu ini dikeluarkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu
AGP 1x dan AGP 2x dengan nilai tegangan 3,3 volt, AGP 4x dan AGP 8x dengan
nilai tegangan 1,5 volt, dan AGP Universal. Jenis terakhir darai VGA AGP adalah
AGP Pro.
E. VGA PCIe
VGA PCIe adalah jenis kartu Vga yang dipasang pada slot PCIe
(Peripheral Component Interconnect Express) bus yang sistem I/O nya adalah
berangkaian seri. Dengan kecepatan transfer hingga 32GB/s. Slot PCIe adalah
pengembangan selanjutnya dari generasi slot ekspansi PCI. Dengan kemampuan luar
biasa, dengan nama PCI Express yang diperuntukkan guna memasang
peralatan-peralatan interface (antarmuka) dengan teknologi terkini yang
membutuhkan kecepatan transfer sangat tinggi. Teknologi slot PCIe dengan sistem
I/O berangkaian seri pertama kali digunakan pada tahun 2004. Dan versi slot
ekspansi PCIe yang beredar di pasaran adalah PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan
PCIe 16x.
Bentuk Vga Card
Menurut
bentuknya Vga card terbagi menjadi 2 bentuk yaitu VGA Card On board dan VGA
Card add-on. Kartu VGA onboard bisa ditemukan pada semua mainboard/motherboard
pada komputer atau laptop yang sudah terpasang satu paket.
Jenis
Vga onboard dapat digunakan untuk menampilkan output pada layar dengan sangat
baik. Namun jika ingin melakukan pemprosesan grafis yang tingkat tinggi, kita
perlu kartu VGA Card Add-on jika dirasa Vga card onboard kurang maksimal
hasilnya. Untuk para desainer, gamer dengan spesifikasi tinggi atau 3D, editor
film sangat memerlukan VGA Card Add-on ini.
Oleh
sebab itu, VGA Card Add-on pemasangannya sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Tetapi perangkat ini hanya bisa ditambahkan pada personal komputer saja, untuk
laptop tidak tersedia slot penambahan kartu vga. Dan juga Vga Card add-on ini
membutuhkan daya listrik yang tinggi dan hanya bisa dipenuhi jika menggunakan
PC.
Kelebihan Dan Kekurangan VGA Card
Untuk
Vga Card onboard mempunyai kelebihan karena sudah menjadi satu dengan
mainboard/motherboard komputer. Sehingga dapat dipastikan tidak ada masalah
dengan komputer ketika digunakan. VGA jenis ini dapat dibilang gratis, karena
setiap pembelian mainboar, sudah otomatis terpasang kartu Vga Card onboard ini.
Tentu akan menghemat biaya.
Untuk
kekurangan Vga Card onboard adalah tidak memiliki memori sendiri, akibatnya
terjadi pemotongan memori utama CPU atau laptop pada RAM untuk digunakan oleh
VGA. Jika RAM kecil atau terbatas, maka kinerja PC/laptop akan melambat secara
keseluruhan.
Untuk
VGA Card Add-on memiliki kelebihan bisa melakukan pekerjaan yang membutuhkan
grafis tingkat tinggi atau rendering berat dan juga tidak memakan memori utama
atau RAM pada CPU. Proses yang sedang berlangsung menggunakan VGA Card add-on
tidak akan membebani processor dan komputer tetap akan bekerja dengan cepat.
Dan
kelemahan dari vga card add-on adalah harga yang tinggi, bahkan dapat lebih
mahal daripada seperangkat motherboard/mainboard ditambah dengan prossesor
serta RAM. Kelemahan lainnya adalah membutuhkan tenaga listrik yang besar.
Untuk itu membutuhkan power supply yang kapasitasnya besar.
2. Sound Card
Soundcard,
sesuai dengan namanya, merupakan salah satu perangkat keras komputer yang
sangat penting peranannya dalam mendukung kebutuhan audio dan suara di dalam
sebuah komputer. Sound card sudah banyak digunakan sejak era-era komputer mulai
banyak berkembang, dimana kebutuhan dari sebuah komputer tidak hanya terbatas
pada pengetikan dokumen saja, namun juga mulai masuk ke dalam dunia multimedia,
yang tentu saja sangat membutuhkan sebuah perangkat pengolahan suara yang
mumpuni.
Pada
awalnya, sebuah komputer tidaklah menggunakan soundcard seperti saat ini.
komputer hanya mengandalkan sebuah perangkat onboard pada motherboard yang
mampu menghasilkan bunyi beep. Karena mengingat fungsi motherboard juga sebagai
penopang seluruh bagian hardware untuk menjadi komputer yang tepat guna.
Hal
ini menjadi ciri khas dari komputer – komputer generasi awal, dimana para
programmer banyak memanfaatkan bunyi “alami” beep pada komputer ini untuk
berbagai keperluan, seperti memunculkan peringatan bagi user, hingga sebagai
tambahan sound effect pada permainan komputer. (baca juga: kelebihan dan
kekurangan komputer generasi pertama)
Seiring
berjalannya waktu, bunyi beep tersebut kemudian tetap dipertahnkan sebagai
suara output untuk notifikasi tertentu. sebagai gantinya, dikembangkanlah
sebuah perangkat internal, yang tidak menyatu dengan motherboard, yang
ditujukan sebagai pusat pengolahan audio di dalam sebuah komputer, yang saat
ini kita kenal dengan nama soundcard.
Soundcard
sendiri pada umumnya berbentuk seperti kartu komputer pada umumnya, yang
ditancapkan pada socket di motherboard. Akan tetapi, seiring dengan
perkemabangan waktu dan penemuan teknologi USB atau Universal Serial Bus,
soundcard juga mulai dikembangkan menjadi soundcar Eksternal, yang bisa dengan
mudah anda tancapkan di socket atau port USB komputer anda.
Fungsi dari Soundcard
Tentu
saja hingga pengembangannya saat ini, soundcard mampu untuk memberikan banyak
sekali fungsi dan kegunaan bagi usernya. Apa saja fungsi dari sebuah soundcard
di dalam komputer? Berikut ini adalah beberapa fungsi soundcard pada komputer :
A. Mengkonversi sinyal digital dan sinyal analog ke dalam
bentuk gelombang sonic
Fungsi pertama dari sebuah soundcard pada komputer adalah
melakukan konversi sinyal – sinyal baik digital maupun analog menjadi sebuah
keluaran suara yang merupakan gelombang sonic. Ini merupakan fungsi paling
mendasar dan fungsi teknis dari sebuah soundcard.
B. Sebagai media pemrosesan audio komputer
Proses konversi yang sudah disebutkan di atas merupakan
bagian dari fungsi soundcard sebagai media pemrosesan audio di dalam komputer.
Jadi soundcard bekerja sebagai sebuah perangkat keras yang mampu memproses
segala bentuk audio dan suara di dalam komputer. Tidak hanya melakukan
konversi, namun juga berbagai macam proses yang melibatkan audio juga dapat
dilakukan oleh soundcard.
Sama halnya dengan pemrosesan komputer yaitu CPU, fungsi CPU
yang menjadi otak utama di sebuah komputer memiliki peran penting. Jadi, pada
intinya, bagi anda yang serin melakukan pengolahan di bidang audio, maka
soundcard adalah salah satu hal yang paling penting dan wajib anda perhatikan
kualitasnya agar dapat memperoleh hasil yang lebih baik.
C. Meningkatkan kualitas audio di dalam komputer
Output audio standar yang biasa digunakan pada komputer
adalahh output 2.0 atau 2.1 channel. Apabila anda mengingkan hal yang lebih,
maka anda bisa menggunakan soundcard yang mendukung output lebih dari 2.1
channel, misalnya 4.1, 5.1, bahkan hingga 7.1 yang sangat pas bagi anda
penggemar home theater.
D. Menambahkan fitur – fitur audio muthakhir ke dalam
komputer
Tidak hanya berhubungan dengan pengolahan suara dan output
suara, biasanya soundcard juga menawarkan fitur – fitur yang sangat menarik
untuk anda gunakan di dalam komputer anda. biasanya fitur – fitur pada
soundcard ini mendukung kualitas audio output yang akan dihasilkan.
Fitur – fitur pada soundcard tersebut adalah fitur tru sound
HD, bass booster, 3D sound, Soround sound, dan berbagai macam tambahan fitur –
fitur audio lainnya yang tentu saja akan sangat meningkatkan kualitas outpu
audio yang akan dirasakan nantinya.
E. Mengkonversi audio pada piringan hitam dan kaset pita ke
dalam bentuk digital
Soundcard sudah dibekali kemampuan untuk merekam, dan
mengubah sinyal analog (kaset pita dan piringan hitam) ke dalam
bentuk digital (file music, lagu dan juga file audio lainnya). Namun
demikian, hal ini tentu saja tergantung dari kualitas soundcard yang dimiliki.
Soundcard dengan spesifikasi yang baik, akan menghasilkan aoudio yang baik dan
juernih pula.
F. Mengolah dan mengedit suara, video juga music
Fungsi lainnya dari soundcard pada komputer adalah untuk
melakukan pengolahan data yang berbentuk audio. Pengolahan data yang dimaksud
disini adalah proses yang melibatkan editing dari sebuah file audio.
Seperti pemotongan musik, pengaturan volume suara,
penambahan efek suara, dan sebagainya. Dengan adanya soundcad, maka fungsi ini
akan berjalan dengan sangat baik, dana akan membantu dalam melakukan proses
pengolahan data yang menggunakan fitur-fitur audio atau suara.
3. CD ROM driver
CD
ROM drive adalah sebuah perangkat keras di dalam komputer yang berfungsi untuk
memutar dan membaca piringan CD. CD ROM singkatan dari Compact Disk Read Only
Memory. Read Only Memory ini berarti bahwa alat ini hanya bisa digunakan untuk
membaca saja, dan tidak bisa menulis. CD ROM DRIVE hanya bisa digunakan untuk
membaca CD saja. Sedangkan jika untuk membaca DVD, perangkat keras ini belum
bisa digunakan. Jika Anda ingin mengisi CD kosong dengan data atau file lainnya
maka alat ini tidak bisa digunakan untuk hal itu. Jadi solusinya jika ingin
menulis atau mem-burning data ke CD, maka Anda harus menggunakan CD RW (Read
Anda Write) Drive yang bisa membaca dan menulis CD.
4. Scanner
Scanner
adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan
suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin
fotokopy ke dalam bentuk digital.
Scanner
dapat menduplikat objek tersebut menggunakan sensor cahaya yang terdapat di
dalamnya. Sensor yang terdapat pada scanner tersebut mendeteksi struktur,
tulisan, dan gambar dari objek yang discan lalu dikirimkan ke komputer dalam
bentuk digital.
Fungsi
Scanner sudah jelas karena dengan adanya alat ini, kita dapat menduplikat
hard-copy seperti kertas, makalah, maupun foto ke dalam bentuk digital ke
komputer. Jadi saat kita kehilangan source berkas seperti foto atau makalah,
kita dapat menyimpan foto tersebut ke komputer kita. Jadi ketika foto itu
hilang, atau rusak, kita masih punya simpanan/salinannya di komputer dalam
bentuk digital.
Perangkat Lumak Pembentuk Aplikasi Multimedia
1. Video Streaming
Streaming
video adalah transmisi data video melalui jaringan komputer yang diputar
langsung secara online. Video dapat diputar tanpa perlu mendownload file
sepenuhnya dan disimpan secara offline.
Koneksi
internet yang cukup cepat diperlukan untuk menonton video langsung secara
online. Dengan terus berkembangnya internet, sekarang streaming video dapat
dilakukan dengan mudah. File video untuk streaming biasanya dikompresi menjadi
berukuran kecil. Meski kompresi video akan menyebabkan penurunan kualitas
video, ini perlu dilakukan agar tidak diperlukan bandwidth internet yang sangat
besar.
Jika
ada gangguan pada koneksi internet, video akan berhenti berjalan. Untuk
memperkecil masalah ini, PC menyimpan 'buffer' data yang sudah diterima. Jika
ada gangguan internet, pemutaran video tidak akan terganggu jika masih ada data
di dalam buffer. Akan tetapi, jika tidak ada data lagi di dalam buffer, maka
video akan berhenti dan kemudian ditampilkan pesan "buffering",
kemudian video akan dilanjutkan lagi ketika sudah diterima sejumlah data yang
cukup.
Streaming
video sudah menjadi hal yang biasa dengan terkenalnya website-website seperti
YouTube dan Vimeo. Keduanya menyediakan berbagai macam video yang dapat kita
tonton secara gratis.
Kualitas
streaming dapat berbeda-beda untuk tiap orang, karena streaming bergantung pada
kualitas koneksi internet kita. Contohnya YouTube dapat stream video dengan
kualitas resolusi 144p, 240p, 360p, 480p, 720p, 1080p, 1440p, atau bahkan
2160p. Semakin tinggi resolusi, semakin besar pula bandwidth internet yang
dibutuhkan. Akan tetapi, jika bandwidth tidak cukup besar, maka streaming video
tidak dapat berjalan dengan lancar, pemutaran video akan sering berhenti karena
kurangnya data yang diterima.
2. VoIP
Voice
over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang mampu mengirimkan data
suara, video dan data yang berbentuk paket secara realtime dengan jaringan yang
menggunakan Internet Protocol (IP).
Tujuan
pengimplementasian VoIP adalah untuk menekan biaya instansi (perusahaan,
sekolah, rumah sakit, dll) maupun individu dalam
melakukan komunikasi jarak dekat maupun jarak jauh (interlokal/
SLI). Penekanan biaya itu dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan
jaringan data yang sudah ada. Sehingga apabila ingin membuat jaringan telekomunikasi
VoIP tidak perlu membangun infrastruktur baru yang biasanya memerlukan biaya
yang besar. VoIP dalam penerapannya menggunakan sistem jaringan LAN dan
didukung protokol-protokol VoIP. Beberapa standarisasi protokol komunikasi pada
teknologi VoIP adalah SIP (Session Initiation Protocol) dan IAX2 (Internet
Asterisk eXchange 2).
Teknologi
VoIP bekerja dengan cara mengubah suara yang merupakan sinyal analog menjadi
sinyal digital yang dapat dikirimkan melalui jaringan yang memanfaatkan IP.
Setelah diubah menjadi sinyal digital, kemudian ditranslasikan ke dalam
paket-paket IP yang kemudian ditransmisikan melalui jaringan.
Pada
awal perkembangannya, VoIP hanya dapat dipakai antar personal computer (PC)
multimedia dengan kualitas suara yang rendah. Seiring dengan perkembangan
teknologi, kini VoIP memungkinkan komunikasi antar komputer ke komputer,
telepon ke telepon, komputer ke telepon, bahkan komputer ke smartphone dengan
kualitas terbilang baik, sehingga layanan VoIP mulai banyak dijual oleh operator-operator
telekomunikasi di dunia.
VoIP
biasanya digunakan dalam sebuah organisasi atau perusahaan dengan tujuan untuk
mereduksi biaya komunikasi dan mempermudah melakukan komunikasi. Dalam skala
LAN, VoIP biasanya digunakan untuk menghubungkan ruangan satu ke ruangan lain,
atau lantai satu ke lantai yang lain, dalam skala Metropolitan Area Network
(MAN), VoIP biasanya digunakan untuk membangun jalur
komunikasi antara lokasi satu dengan lokasi lain atau gedung satu
dengan gedung yang lain yang jaraknya cukup jauh, bisa antar daerah dalam satu
kota, maupun antar satu kota dengan kota lainnya dalam satu negara,
sedangkan dalam skala Wide Area Network (WAN), VoIP biasanya digunakan untuk
membuat jalur komunikasi antar negara ataupun benua.
Kelebihan VoIP
- VoIP
diciptakan untuk menyediakan sarana komunikasi agar lebih hemat biaya dan
lebih fleksibel. Berikut ini adalah beberapa kelebihan VoIP:
- Biaya
lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Untuk dua lokasi yang
terhubung dengan internet dan memanfaatkan VoIP, maka biaya percakapan
menjadi sangat rendah.
- Memanfaatkan
infrastruktur jaringan data yang sudah ada. Berguna jika sebuah
instansi sudah mempunyai infrastrktur jaringan. Jika memungkinkan,
jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak
diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan fasilitas VoIP.
- Penggunaan bandwidth yang
kecil. Dengan majunya teknologi, penggunaan
bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil.
- Memungkinkan
digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya
gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX (Private
Automated Branch exchange) yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa
menggunakan pesawat telepon biasa.
- VoIP
bisa dibuat menjadi jaringan yang besar. Sebagai contoh di Indonesia
adalah VoIP Rakyat.
- Variasi
penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC, IP Phone, telepon
konvensional dan smartphone.
Kekurangan VoIP
- Diantara
beberapa kelebihan yang telah dipaparkan, VoIP juga memiliki kekurangan.
Beberapa kekurangan dari VoIP adalah sebagai berikut:
- Kualitas
suara tidak sejernih telepon konvensional. Hal ini adalah efek dari
kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas
suara dibandingkan jaringan Public Switched Telephone Network (PSTN)
konvensional.
- Ada
jeda (delay) dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara dan
jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi
yang menggunakan VoIP.
- Peralatan
relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX
relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka
harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
- Jika
pemakaian VoIP semakin banyak, maka jaringan data yang ada menjadi penuh,
dan jika tidak diatur dengan baik akan menyebabkan kegagalan dalam
komunikasi.
3. Video VoIP
Video
profesional over IP sistem menggunakan beberapa codec video standar yang ada
untuk mengurangi materi program ke bitstream (misalnya, aliran transportasi
MPEG), dan kemudian menggunakan Internet Protocol (IP) jaringan untuk membawa
bahwa bitstream dikemas dalam aliran paket IP . Hal ini biasanya dilakukan
dengan menggunakan beberapa varian dari protokol RTP.
Tercatat
video profesional melalui jaringan IP memiliki tantangan khusus dibandingkan
dengan sebagian besar lalu lintas IP non-waktu-kritis. Banyak masalah ini mirip
dengan yang ditemukan pada voice over IP, tetapi untuk tingkat yang lebih
tinggi dari persyaratan teknik. Secara khusus, ada kualitas yang sangat ketat
persyaratan layanan yang harus dipenuhi untuk digunakan dalam lingkungan siaran
profesional.
4. Encoder
Encoder
adalah rangkaian yang memiliki fungsi berkebalikan dengan dekoder. Encoder
berfungsi sebagai rangakain untuk mengkodekan data input mejadi data bilangan
dengan format tertentu. Encoder dalam rangkaian digital adalah rangkaian
kombinasi gerbang digital yang memiliki input banyak dalam bentuk line input
dan memiliki output sedikit dalam format bilangan biner. Encoder akan
mengkodekan setiap jalur input yang aktif menjadi kode bilangan biner. Dalam
teori digital banyak ditemukan istilah encoder seperti “Desimal to BCD Encoder”
yang berarti rangkaian digital yang berfungsi untuk mengkodekan line input
dengan jumlah line input desimal (0-9) menjadi kode bilangan biner 4 bit BCD
(Binary Coded Decimal). Atau “8 line to 3 line encoder” yang berarti rangkaian
encoder dengan input 8 line dan output 3 line (3 bit BCD).
5. MPEG 3 / MPEG 4
Standar
MPEG dikembangkan oleh Moving Picture Experts Group, kelompok kerja yang
dibentuk oleh International Standards Organizations (ISO) dan International
Electro-technical Commision (IEC) untuk menciptakan standar representasi
digital gambar bergerak dan audio ydan data lain yang terkait.
MPEG-3
digunakan untuk aplikasi HDTV dengan dimensi sampai dengan 1920 x 1080 x 30Hz,
tetapi telah ditemukan bahwa MPEG-2 bekerja dengan sangat baik untuk HDTV.
Sekarang HDTV merupakan bagian dari MPEG-2.
MPEG-4
Kualitas dapat disesuaikan Berdasarkan pada format file QuickTime. Dapat
digunakan baik di telepon seluler maupun di televise satelit. Bandwidth sangat
rendah (64Kbits/detik) 176 x 144 x 10Hz. Dioptimalkan untuk videophones.
disusun oleh
Nama: Sadewo Aji Wibowo
Kelas: 4IB05A
NPM: 19414914
Sumber:
Terima kasih, saya terinspirasi untuk produk saya dari artikel anda.
BalasHapusBest Regards,
Maxi
hadstar.com